Berdayakan Kelompok Tani, BPDAS-HL  Lestarikan Alam Dengan Menanam Pohon

Minahasa43 Dilihat

MINAHASA,- postkota.net- Dalam rangka penyelamatan lingkungan dari pemanasan Global, serta upaya pelestarian alam dan lingkungan sekitar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung  wilayah Sulawesi Utara, terus meningkatkan program penanaman pohon dengan melibatkan Kelompok Tani yang ada di daerah Sulawesi Utara.

Sebanyak Puluhan kelompok tani andalan dari berbagai Daerah Kabupaten/ Kota dilibatkan dalam program itu, dengan tujuan agar mampu mengembalikan fungsi hutan agar tetap terlestarikan sebagaimana tujuan program tersebut.

Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan  Elfan Haryono kepada postkota menyampaikan bahwa program pemerintah ini bertujuan agar masyarakat melalui kelompok tani Hutan Lindung dapat membantu dalam pelestarian alam, termasuk ekosistem serta menjaga terjadinya perusakan hutan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga:  Gelar Musyawarah Desa, Hukumtua Tumaratas Bahas RKPDes 2024

” Untuk menjaga pelestarian hutan terutama bagi hutan lindung maka masyarakat melalui kelompok tani telah kita libatkan dalam penanaman pohon serta menjaga hutan kita agar terlindungi dari oknum/pelaku yang kerap terjadi pengrusakan hutan,” Ujar Elfan.

Maneger Persemaian Permanen Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Hery Prayitno kepada wartawan mengatakan,” saat ini Persemaian Permanen BPDAS-HL memiliki stok bibit pohon yang besar untuk memenuhi kuota program dalam rencana kerja Tahun anggaran 2023,” Jelas Hery.

Menurutnya, ” antusias masyarakat Daerah Kabupaten/Kota di Sulut sangat membantu Instansi terkait sehingga program kerja ini berjalan maksimal,” Katanya.

Baca juga:  Hukumtua Desa Kayuroya Pimpin Penyaluran BLT Bagi 25 KPM

” Saat ini sudah puluhan Kelompok Tani Masyarakat telah menjalin kerjasama dengan BPDAS-HL  di Sulawesi Utara dan sebanyak jutaan pohon telah berhasil di tanami sejak Tahun 2021 hingga 2023.(Udin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *