Glady Kandouw Pimpin Rapat Paripurna Terkait Ranperda Inisiatif DPRD Tentang Minuman Alkohol dan Penyampain LKPJ Kepala Daerah Tahun 2023

Minahasa38 Dilihat

MINAHASA — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa gelar rapat paripurna terkait Ranperda Inisiatif DPRD tentang pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol dan penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2022, serta pengumuman pembentukan Panitia Khusus (Pansus).

Ketua DPRD Minahasa, Glady Kandouw, SE

Dalam rapat paripurna DPRD Minahasa tersebut berlangsung di ruang sidang kantor Dewan, Jumat (31/3/2023) sore, dan dipimpin langsung Ketua Glady Kandouw, SE didampingi wakil ketua ketua Oktesy Runtu, SH, MS dan Denny Kalangi beserta seluruh anggota DPRD Minahasa.

Sementara pihak eksekutif dihadir Bupati Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si bersama Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM, MAP dan para pejabat di jajaran Pemerintah kabupaten Minahasa.

Dalam sambutannya, Bupati ROR, menyampaikan rapat paripurna DPRD Minahasa ini, dalam rangka penyampaian Renperda inisiatif tentang pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol, dan penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2022.

Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si

“Sehubungan dengan itu, perkenankan Saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Pimpinan dan segenap Anggota Dewan yang terhormat, karena telah berkenan mengagendakan acara rapat paripurna dalam rangka Penyampaian Renperda inisiatif DPRD tentang Pengawasan dan Pengendalian minuman beralkohol, dan penyampaian LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2022 pada hari ini,” kata bupati

Hal ini merupakan amanat Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, bahwa selaku Kepala Daerah dalam mengemban tugasnya, diwajibkan untuk melaporkan penyelenggaraan tugas-tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Pembinaan Kemasyarakatan di depan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, pada setiap akhir tahun anggaran.

“Di kesempatan ini, saya juga menyampaikan selamat menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan kepada umat Muslim. Semoga amal ibadah puasa ini, akan membawa berkah bagi umat yang menjalankannya.Juga bagi umat Kristiani, saya menyampaikan selamat menghayati Minggu-Minggu Sengsara memasuki Jumat Agung dan Perayaan Paskah Yesus Kristus. Semoga makna pengorbanan Yesus Kristus, akan meningkatkan iman umat Kristiani,” ungkapnya.

Baca juga:  Polres Minahasa "Serang" Kodim 1302 ‘Ucapkan Selamat HUT TNI ke 78

Lanjutnya, untuk capaian penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana dimuat dalam laporan ini, merupakan hasil kerja keras bersama jajaran Pemerintah Daerah, DPRD, Forkopimda Kabupaten Minahasa, dan partisipasi aktif masyarakat, serta dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Pusat.

Kiranya dapat disampaikan beberapa pencapaian yang mendapatkan apresiasi oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara, selang Tahun 2022 diantaranya :

Penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atas keberhasilan mencapai target Non Polio AFP (NPAFP) Rate >2 per 100.000 Penduduk <15 Tahun dan Discarded (bukan campak-bukan rubela) Rate >2 per 100.000 penduduk pada tahun 2022.
Penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas Keberhasilan meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 untuk 8 (delapan) kali secara berturut-turut.
Penghargaan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia atas prestasi sebagai Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi Tahun 2022.
Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sebagai Kabupaten Layak Anak Peringkat Pratama Tahun 2022.
Penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia atas Keberhasilan menerapkan Sistem Merit dalam Manajemen ASN dengan Kategori Penilaian “Baik”.
Penghargaan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia kepada BPP Langowan Barat atas prestasinya sebagai Balai Penyuluhan Pertanian Berprestasi Tahun 2022.
Penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Utara kepada Kabupaten Minahasa sebagai Daerah Pelaksana Program Pendidikan Guru Penggerak yang telah mengangkat Guru Penggerak sebagai Kepala Sekolah Tahun 2022.
Disamping itu, perkenankan juga saya menyampaikan 6 (enam) penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Minahasa di awal tahun 2023, yang tentunya berkaitan erat dengan kinerja di Tahun 2022, yaitu:

Baca juga:  Bupati Minahasa Ikut Upacara Peringatan HUT DAMKAR di Surabaya

Paritrana AWARD Tahun 2023 dari BPJS Ketenagakerjaan. Pemkab Minahasa meraih terbaik ketiga dalam managemen jaminan sosial ketenagakerjaan tahun 2022
Penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitung tentang Pencapaian Target Penerimaan Pajak Tahun 2022.
Menerima Sertifikat Bebas Frambusia Tahun 2023.dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Penghargaan Piala Adipura Kategori Kota Kecil Tahun 2023 dari Kementrian LH & Kehutanan Republik Indonesia.
Menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023, dari BPJS Kesehatan yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.
Penghargaan APBD Award Tahun 2023, kategori peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) tertinggi APBD Tahun 2002, tingkat Kabupaten.
“Terkait hal di atas, perkenankan saya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, didalamnya DPRD Kabupaten Minahasa yang telah bekerjasama berupaya dalam meraih prestasi-prestasi tersebut,” pungkasnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, Ketua DPRD Kab. Minahasa Glady Kandouw, SE, Para Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, Forkopimda Kab. Minahasa, Pejabat Ess 2, Dir. RSUD Tondano, Dir. PDAM, Para Kabag Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *