SPRI Sulut Sukses Gelar Pelatihan Jurnalistik Pra SKW

Minahasa39 Dilihat

MANADO,- postkota.net- Pelaksanaan Pra SKW melalui kegiatan Pelatihan Jurnalistik Skema Kompetensi Wartawan Utama yang dilaksanakan Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD SPRI) sukses digelar Senin (23/1/2023).

Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri Ketua Umum Serikat Pers Republik Indonesia, Heintje Mandagi, Ketua DPD SPRI Sulut, Veldy Umbas, dan wartawan senior Deky Geruh sebagai pemateri. Peserta pelatihan sebagian besar merupakan calon asesi yang akan mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) untuk Skema Wartawan Utama pada akhir bulan Januari 2023 ini.

Peserta pelatihan ini adalah pemimpin redaksi dan redaktur pelaksana yang berasal dari Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa, Minahasa Selatan dan Bolaaang Mongondow Utara. Bahkan, ada beberapa wartawan dari Gorontalo dan Sulawesi Tenggara, ikut menyimak pemaparan materi yang dibawakan dengan sangat apik oleh dua wartawan senior yang sudah malang-melintang di berbagai media nasional maupun daerah itu.

“SKW itu bukan ujian kayak anak sekolahan, karena tidak sepantasnya wartawan yang sudah senior, apalagi menjabat Pemred, Wapemred atau Redpel, kemudian diharuskan ujian kelas reporter namun harus disertifikasi dengan perangkat uji sesuai jabatan selaku pimpinan redaksi atau level wartawan utama,” ujar Heintje Mandagi dalam pengantar acara yang digelar secara daring itu.

Baca juga:  Sambut HUT ke 65 Kodam Xlll/Mdk Thn 2023, Pangdam Mayjend  TNI A.D Tuejeh Pimpin Baksos

Dikatakan, sertifikasi yang dilaksanakan LSP Pers Indonesia sebagai pemegang lisensi yang dikeluarkan BNSP dan telah mendapat persetujuan Kementerian Kominfo serta  Kementerian Tenaga Kerja itu adalah mensertifikasi kompetensi wartawan sesuai skema yang dipilih dengan mengacu pada portofolio atau bukti kerja yang dimiliki masing-masing wartawan sesuai jabatan.

“Parameter itulah yang dinilai dan disertifikasi, bukan dengan mekanisme penjenjangan yang tidak sesuai jabatan kompetensi yang dimiliki. Misalnya ada wartawan yang sudah pengalaman di atas 20 tahun menggeluti pers dan sudah pada level Pemred, Wapemred atau minimal Redpel, tidak mungkin diuji menggunakan perangkat uji yang sebagai reporter atau wartawan muda,” tambah Heintje Mandagi yang juga Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Pers Indonesia.

Baca juga:  Pintu Air PLTA Tonsea Lama Tidak Pernah Dibuka

Sementara, selain menyajikan materi untuk memberi penguatan kepada wartawan di daerah ini yang akan ikut SKW, Ketua DPD SPRI Sulut Veldy Umbas turut memaparkan tekhnik menulis opini. Pada kesempatan yang sama Veldy Umbas mengatakan,ada sejumlah program internal maupun eksternal yang sedang dipersiapkan SPRI agar wartawan tidak saja memiliki integritas yang tinggi, namun juga mampu mengelola medianya menjadi lebih profesional dan bermanfaat bagi dirinya, perusahaan media maupun daerah ataupun bangsa.

“Di sini, Anda semua memiliki previllage yang tidak ditemukan di organisasi pers lain. Inilah salah satu yang patut kita syukuri sebagai keluarga besar SPRI,” papar owner media online www.suluthebat.com itu.

SKW itu sendiri dijadwalkan digelar akhir Januari 2023 ini di Kota Tomohon, bersamaan dengan pelantikan empat pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) SPRI. “Kita mendapat support penuh dari Pemkot Tomohon,” ungkap Jerry Uno, Ketua DPC SPRI Tomohon selaku Sekretaris Panitia Pelantikan dan SKW daerah.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *