Masalah Perkebunan Rombe, Warga Marawas Minta Pemkab Hentikan Aktifitas Berkebun Sebelum Masalah Selesai

Minahasa59 Dilihat

MINAHASA, postkota.co.id – Warga masyarakat Kelurahan Marawas, Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa, Sepakat meminta Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk menunda seluruh aktivitas apapun di Perkebunan Rombe Marawas, sebelum adanya keputusan pemerintah tetap, terkait pengelolaan perkebunan dan pertanian di wilayah tersebut.

Dikatakan Tokoh Pemuda Marawas Brigita Tumiir, pemerintah selayaknya menyelesaikan segala bentuk permasalahan. Sehingga hal-hal yang berpotensi membuat kericuhan di Perkebunan Marawas bisa dihindari. Lebih lagi jatuhnya korban susulan.

“Sekali lagi, atas nama tokoh pemuda yang ada di Kelurahan Marawas, Meminta kepada pemerintah, untuk mengkaji dan memfasilitasi pelaksanaan musyawarah seluruh pihak terkait. Agar jalannya aktivitas di perkebunan Marawas, bisa kembali dibuka seperti biasa,” ujarnya.

Lanjut Tumiir, sesuai hasil pertemuan di Benteng Moraya, Keinginan masyarakat agar penyelesaian sengketa diutamakan. Setelahnya baru bisa di buka untuk aktivitas perkebunan dan pertanian

Baca juga:  Polres Minahasa, Gerak Cepat Amankan Situasi Kamtibmas Di Remboken

Hal senada juga disampaikan Carolin Mingkit Warga Marawas, yang meminta agar pemerintah jangan dulu mencabut larangan beraktivitas di lokasi tersebut sebelum ada keputusan final dari pemerintah.

“Saya meminta pemerintah, jangan mengambil keputusan yang tergesa-gesa. Semua pihak harus dilibatkan untuk kesepakatan bersama,” ucap Carolin, sembari berharap masyarakat supaya tenang dan jangan terpacing untuk melakukan hal anarkis dalam persoalan ini.

Lanjutnya, diketahui belakangan di area yang disengketakan ada beberapa warga dari kelurahan sekitar mulai mencoba masuk di area perkebunan tersebut. Sontak, menuai keberatan warga yang menganggap masalah di sana belum selesai.

“Kami saja masyarakat, yang punya hak mengelola di lokasi tersebut, masih enggan beraktivitas lebih di Perkebunan Rombe Marawas. Tapi yang disesalkan, ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab mencoba menggarap diam-diam. Pemerintah jangan kase biar kwa tu bagitu, jangan sampe ada masalah lagi kong mo ada korban laeng lagi,” timpal Made Tumiir Warga Marawas.

Baca juga:  Pemkab mengelar Gerakan Pangan Murah

Terpisah, ketika dikonfirmasi, Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala menyebut, seluruh keinginan dan aspirasi Masyarakat Marawas akan menjadi masukan, guna pembahasan menuju solusi bersama.

“Karena itu, perlu ditegaskan, selaku representasi pemerintah, Saya meminta kepada seluruh pihak, untuk menghentikan sementara semua aktivitas di Perkebunan Rombe Marawas Sampai tercapainya kesepakatan bersama,” kata Mangala.

Untuk diketahui, sengketa dan masalah di area Perkebunan Rombe Marawas, tak kunjung mencapai titik terang dalam arti masih berproses di Pemkab Minahasa. (varly pantow)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *