Hadapi Krisis Pangan, Bupati ROR Imbau Masyarakat Menanam Tanaman Pendamping Beras.

Minahasa28 Dilihat

MINAHASA, – postkota.net Bupati Minahasa DR.Ir.Royke O.Roring MSI menghadiri lannutan Safari Natal Pemkab Minahasa, di Kecamatan Kawangkoan, Kawangkoan Utara, Kawangkoan Barat dan Sonder, bertempat di GMIM Sion Sentrum Sendangan Sabtu 3/12-2022.

Selain didampingi Sekda Minahasa Frits Muntu S.Sos,  Asisten 1, Asisten 3, para Pejabat Pemkab Minahasa,Bupati ROR juga diikuti sejumlah Anggota DPRD Minahasa, Camat Kawangkoan, Camat Kawangkoan Barat, Camat Kawangkoan Utara dan Camat Sonder

Khadim dalam ibadah Safari Natal Pemkab Minahasa ini adalah Pdt Junizar J C Watulangkow S.Th, Ketua BPMJ GMIM Sion Sentrum Sendangan dan Ketua BPMW Kawangkoan.

Bupati Minahasa dalam sambutan natal mengatakan pembacaan Alkitab tadi menjadi tema  pesan natal  PGI 2022. Perjalanan kita di tahun ini dan tahun sebelumnya pasca Covid 19 banyak pergumulan yang telah kita lewati termasuk pergumulan berbangsa dan bernegara.

Covid 19 sungguh mengancam hidup kita termasuk saat kita beribadah dibatasi dan lainnya. “Namun semua itu kita bisa lewati dengan penuh sukacita iman, terlebih kita akan memasuki masa Advent kedua. Sukacita iman ini akan membekali kita saat memasuki tahun baru ,” tukas Bupati.

Pergumulan Covid 19 dan pergumulan tahun depan ternyata sama, dimana kita diperhadapkan pada persoalan krisis pangan. Karena itu Pemkab Minahasa telah mencanangkan program Minahasa menanam dan berternak.
“Mari kita menanam dan berternak. Sebanyak 450 ribu polyback sudah disebarkan oleh pemkab ke seluruh masyarakat. Manfaatkan lahan untuk menanam ,” ujar Bupati.

Baca juga:  Wakili Kapolres, IPTU Rony Maweikere Hadiri Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Minahasa

Beberapa tahun terakhir kita menghadapi resesi dunia, walau dalam kenyataannya di Minahasa kita tetap melakukan resepsi. Tapi semua harus kita hadapi dengan upaya dan usaha agar kita benar-benar  menghadapi situasi sulit atau resesi ini.
” Pemkab Minahasa bersama agama dan jemaat di semua denominasi agama dan aras mari kita galakkan menanam dan berternak. Kita menanam tanaman cepat panen dan makanan pendamping beras ,”  pinta Bupati.

Jangan sampai kita terlena dengan masa raya Advent. Ibadah pokok mensyukuri berkat Tuhan lewat menanam dan bersyukur atas berkat Tuhan.

Resesi akibat krisis pangan yang akan melanda dunia dan kita di Minahasa merupakan pergumulan yang harus dihadapi dengan langkah bijak dan solusi agar kita bisa bertahan. Masyarakat harus diajarkan dan diingatkan betapa pentingnya kita menghadapi persoalan ini dengan bijak dan melakukan upaya dengan memberdayakan peluang melalui memanfaatkan lahan pertanian yang masih tersedia melalui tanaman-tanaman bermanfaat yang bisa langsung di manfaatkan maupun dalam jangka waktu tertentu.

” Saya berharap peran dari kita semua termasuk TNI Polri, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, agar program ini bisa berjalan lancar. Kepada seluruh pejabat termasuk Camat, Lurah dan Hukum Tua agar terus mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman tanaman apa saja ,” pungkas Bupati.

Baca juga:  Dipimpin Mayor Inf,Vino Satria, Jenazah Alm,Letkol Purn, Jantje Frans Rantung di Makamkan Secara Militer

Bupati juga mengatakan dalam ibadah ini akan disalurkan berbagai jenis usaha kepada masyarakat. Bantuan ini diberikan sebagai langkah pemerintah untuk pemberdayaan ekonomi sebagai dampak dari berbagai persoalan termasuk kenaikan BBM yang bersumber dari APBD sebesar 10 persen.
” Saya berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi kita ,” tukas Bupati.

Dibagian akhir Bupati Minahasa menyampaikan selamat menyongsong Natal dan Tahun Baru semoga menjadi berkat bagi kita, negara dan bangsa bahkan Minahasa.

Dalam kesempatan itu Bupati Minahasa turut menyerahkan Diakonia dan bansos dari pemerintah kepada penerima.

Adapun jenis bantuan yang diserahkan Bupati Minahasa adalah Bantuan kepada para hamba Tuhan,  bantuan bencana alam pemkab Minahasa  tahun 2022, bantuan sosial untuk para  lansia dari dinas sosial  , bantuan UMKM dari dinas koperasi , bantuan penekanan inflasi daerah dari beberapa dinas, bantuan kompensasi BBM kepada kendaraan angkutan yang mengangkut  bahan rica tomat bawang dan bahan pokok lainnya dari dinas perhubungan, bantuan bibit cabe rawit dari dinas pertanian ,dan program makanan pendamping disamping nasi  dan bingkisan natal kepada warga masyarakat. Selain itu dalam waktu dekat  akan dilaksakan pasar murah untuk rakyat Minahasa.(Udin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *