Sekot Edwin Roring,SE.ME Hadiri Peringatan Bulan PRB di Kaltim Sebagai Upaya Minimalisir Risiko Bencana

Tomohon35 Dilihat

POSTKOTA.NET – Mewakili Walikota Tomohon, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE, ME menghadiri Rangkaian Kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang dilaksanakan dari tanggal 12 s/d 14 Oktober 2022 di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, yang bertemakan ‘Bersama Kita Tangguh’ dengan tagline ‘Bebaya Etam Tegoh’. Hari Pengurangan Resiko Bencana Internasional¬† (International Day for Disaster Risk Reduction) jatuh pada tanggal 13 Oktober.

Acara PRB ini dibuka oleh Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra. Prasinta Dewi dengan didampingi Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan yang dihadiri oleh seluruh perwakilan BPBD dari 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi se-Indonesia serta puluhan organisasi non pemerintah (NGO) seperti Senkom Rescue dari Senkom Mitra Polri sebagai salah satu komunitas PRB yang aktif dan terdaftar di BNPB sebagai mitra.

Baca juga:  Wakili Walikota,Sekdakot Tomohon Edwin Roring,SE.,ME Hadiri Paripurna di DPRD Tomohon

Kegiatan ini merupakan agenda nasional BNPB yang dilaksanakan setiap tahun sejak 2011, untuk mempromosikan budaya pengurangan risiko bencana, termasuk pencegahan bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan.

Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2022 ini merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat terhadap aktivitas PRB sebagai investasi untuk ketangguhan. Secara umum, peringatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB serta dapat dijadikan ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia. 

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain pameran kebencanaan, talkshow terkait isu-isu kebencanaan, kuliah umum, simulasi bencana dan acara puncak peringatan Bulan PRB.

Baca juga:  Walikota Bersama Ketua KPU Tomohon Ikut Webinar Seri 7 Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

Peserta yang terundang terdiri dari Kepala Daerah se-Indonesia (Gubernur & Bupati/Walikota), DPR, DPD, DPRD, Kementerian/Lembaga, Pejabat Perangkat Daerah Provinsi  dan Kabupaten/Kota (terutama pejabat BPBD), Pejabat dan Staf Organisasi Kebencanaan Internasional/Nasional/Daerah, Forum PRB, Praktisi Kebencanaan, Akademisi, Pelaku Lembaga Usaha dan Tokoh Masyarakat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *